Training Bekam Holistik di Banyumas

Training Bekam Holistik di Banyumas - Jika anda ingin mecari Kursus Bekam maka lebih baik jika anda mengetahui lebih dahulu seluk beluk tentang bekam itu sendiri. Inilah penjelasan berkaitan dengan bekam dari pengertian, hadits, istilah, jenis-jenis & Jurnal Penelitian Tentang Bekam.
Tidak sedikit rekomendasi dari Rasulullah SAW saat melakukan pengobatan. Salah satunya yaitu terapi bekam. Dalam khasanah bahasa Arab, bekam disebut dengan sebutan Al Hijamah yang artinya pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kita kenal dengan sebutan kop.
Bekam yakni pengobatan sunnah Rasulullah Saw dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin atau oksidan dari dalam tubuh . Dalam medis disebut dengan ‘Oxidant Release Therapy’ atau istilah yang lebih populer yakni ‘detoksifikasi’.
Terapi bekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit & pengeluaran darah darinya. Istilah ini meliputi 2 mekanisme utama dari bekam, yaitu proses pemvakuman area kulit selanjutnya dengan mengeluarkan darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya. Lebih sederhananya, bekam merupakan teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara mengambil keluar darah berisi toksin.
Untuk mengeluarkan oksidan dari dalam tubuh butuh kemampuan khusus. Caranya dengan memakai alat khusus yang sebelumnya didahului dengan pembedahan minor (sayatan khusus) secara hati-hati di titik-titik tertentu dengan tepat pada tubuh. Bila oksidan bisa dikeluarkan semua maka penyumbatan aliran darah ke organ tertentu di dalam tubuh dapat diatasi, sehingga peran fisiologis tubuh kembali normal.

Hadist Bekam Menurut Islam

Dari Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas”. (HR. Al-Bukhari)
Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan bekam di tengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari 72 penyakit”. (HR Thabrani)
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah bekam (hijamah).”(HR. Ibnu Majah, Abu Dawud)

Istilah Bekam atau Hijamah

Bekam sudah dikenal sejak zaman dulu, yakni kerajaan Sumeria, kemudian terus mengalami perkembangan sampai Babilonia, Mesir kuno, Saba dan Persia. Pada zaman Nabi Muhammad, bekam menggunakan media tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, gading gajah.
Di Cina, istilah bekam juga sudah terkenal yakni dengan istilah Gua-sha. Sedangkan di negara lain, bekam memiliki istilah yang berbeda, yakni Kuyugaku, Bentusa, Badkesh, Bahnkes, Gak Hoi, Buhang dan sebagainya.

Jenis Jenis Bekam

Pengobatan bekam mempunyai beberapa macam. Di dunia Internasional, terapi bekam yang dikenal ialah yang berasal dari Cina yang sering disebut Chinese Cupping. Di Indonesia , terapi bekam yang banyak menjamur yaitu Arabian Cupping.
Persamaan dari kedua macam bekam ini ialah sama-sama menggunakan cawan kecil untuk menampung angin dan darah kotor, menggunakan sayatan kecil atau jarum agar darah kotor keluar. Selain itu, manfaat bekam untuk keduanya juga mendatangkan banyak manfaat.
Perbedaan ke-2 tipe bekam tersebut terletak pada beberapa hal berkaitan dengan media hisap, cara mengulap darah kotor yang keluar & beberapa aturan agama khususnya Arabian Cupping yang mengikuti aturan Islam seperti terapi lelaki tidak diperbolehkan melakukan bekam kepada pasien perempuan.
Disamping berdasarkan asal, terapi bekam memiliki beberapa tipe berdasarkan tekniknya, yakni ada bekam basah, bekam kering bekam luncur.
Bekam Kering yakni terapi bekam yang tidak mengeluarkan darah kotor melainkan hanya angin. Bekam Basah adalah terapi bekam yang menggunakan sayatan kecil atau tusukan jarum kecil agar darah kotor keluar. Bekam Luncur adalah terapi bekam yang bisa dilakukan ketika bekam kering atau bekam basah. Bekam Luncur memiliki teknik menggerak-gerakan cawan ke berbagai arah dengan bantuan minyak pijat seperti minyak zaitun.

Hasil Penelitian Bekam

Sebuah hasil penelitian 19 ilmuwan mancanegara tentang pengobatan bekam sudah menunjukan bukti yang mencengangkan. Dalam penelitian itu, pada kasus darah rendah & darah tinggi yang diterapi dengan bekam, tekanan darahnya kembali kepada batas normal.
Dengan berbekam juga menunjukan efek menurunnya jumlah asam urat darah, kolesterol, albumin dan lemak trigislerida. Diantara indikator zat tubuh contohnya zat besi, enzim, darah putih dan ion-ion misalnya kalsium, natrium & kalium seluruhnya kembali kepada kadar normal terhadap mayoritas pasien sebagai objek penelitian.
Sungguh luar biasa bukan? Jika anda yang ingin mencari Training Bekam Holistik di Banyumas atau sudah melakukan jasa bekam & ingin melakukan legalitas, ini merupakan kesempatan untuk anda untuk Pelatihan dengan kami di LKP. Lebah Emas Purwokerto, Lembaga Ketrampilan dan Pendidikan resmi yang bekerjasama langsung dengan Perkumpulan Bekam Indonesia dengan Nomor : 008/MITRA-LKP/MOU/X/2018.
Anda akan didampingi langsung oleh pengajar yang sudah ahli & profesional dengan kurikulum pembelajaran yang jelas.
Apa saja materi yang akan anda dapatkan :
  1. Aqidah Dalam Pengobatan
  2. Akhlak Juru Bekam
  3. Alat Perlengkapan Bekam
  4. Titik Bekam Sunnah SOP Terbaru
  5. Larangan dalam Bekam
  6. SOP Bekam PBI Terbaru
  7. Analisa Bekam
  8. Penanganan Limbah Bekam
  9. Sterilisasi Perlengkapan Bekam
  10. Kegawat Daruratan Bekam
  11. Cuci Tangan yang Benar
  12. Administrasi Perizinan
  13. Praktek Bekam Metode Syartoh dan Jarum

Training Bekam Holistik di Banyumas

[judul]
Berikut ini 5 keuntungan kenapa harus Pelatihan Bekam di LKP. Lebah Emas :
  1. Bersertifikat dan berhologram resmi
  2. Lembaga pendidikan resmi mitra Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI)
  3. Bimbingan trainer yang ahli dan berpengalaman
  4. Kurikulum pembelajaran yang jelas dan terstandarisasi
  5. Praktek langsung di Klinik Griya Sehat Holistik Lebah Emas
Tunggu apalagi, Silahkan datang langsung ke kantor LKP. Lebah Emas Purwokerto / Griya Sehat Holistik Lebah Emas yang beralamat di Jl. Moh. Yamin No.24 Karang Klesem - Kecamatan Purwokerto Selatan.
Informasi dan Pendaftaran Training Bekam Holistik di Banyumas :

WA/Telp. : 0813-2791-8397 (Nursin) / 0821-3728-3659 (Joko)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel