Belajar Bekam Sehari Bisa di Purwokerto

Belajar Bekam Sehari Bisa di Purwokerto - Kalau anda ingin mecari Kursus Bekam oleh karena itu ada baiknya anda tahu lebih dulu seluk beluk berkaitan dengan bekam itu sendiri. Ringkasan penjelasan tentang bekam dari pengertian, hadits, istilah, jenis-jenis & Penelitian Medis Tentang Bekam.
Tidak sedikit anjuran dari Rasulullah SAW dalam melakukan pengobatan. Salah satunya yakni terapi bekam. Dalam bahasa Arab, bekam dikenal dengan istilah Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor. Sementara pada bahasa Indonesia, kita kenal dengan sebutan cantuk.
Bekam yaitu metode pengobatan sesuai sunnah Rasulullah Saw dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung racun atau oksidan dari tubuh . Dalam dunia kedoteran dikenal dengan istilah ‘Oxidant Release Therapy’ atau ‘Oxidant Drainage Therapy’ atau istilah yang lebih populer adalah ‘detoksifikasi’.
Terapi bekam dengan cara melakukan pemvakuman di area kulit & pengeluaran darah darinya. Pengertian ini meliputi dua teknik utama dari bekam, yakni proses pemvakuman area kulit kemudian dengan mengeluarkan darah dari kulit yang sudah divakum sebelumnya. Lebih sederhananya, bekam merupakan metode pengobatan yang dilakukan dengan cara menyedot keluar darah kotor.
Untuk mengeluarkan oksidan dari tubuh memerlukan keahlian khusus. Caranya dengan menggunakan alat khusus yang sebelumnya diawali dengan pembedahan minor secara hati-hati di area titik-titik tertentu secara tepat pada tubuh. Kalau oksidan bisa dikeluarkan semua maka penyumbatan aliran darah ke organ tertentu di dalam tubuh bisa diatasi, sehingga fungsi-fungsi fisiologis tubuh kembali normal.

Hadits Soal Bekam

Dari Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas”. (HR. Al-Bukhari)
Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan bekam di tengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari 72 penyakit”. (HR Thabrani)
Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)”. (Muttafaq ‘alaihi)

Istilah Bekam atau Hijamah

Bekam telah dikenal dari zaman dulu, yakni kerajaan Sumeria, selanjutnya terus mengalami perkembangan sampai Babilonia, Mesir kuno, Saba dan Persia. Pada zaman Nabi Muhammad, bekam menggunakan media tanduk kerbau atau sapi, gading gajah, tulang unta.
Di Cina, istilah bekam juga sudah terkenal yakni dengan sebutan Gua-sha. Sedangkan di negara lain, bekam mempunyai nama yang berbeda-beda, yaitu Kuyugaku, Bentusa, Badkesh, Bahnkes, Gak Hoi, Buhang dan lainnya.

Jenis Jenis Bekam

Pengobatan bekam mempunyai beberapa macam. Di dunia Internasional, terapi bekam yang dikenal ialah yang berasal dari Cina yang biasa disebut Chinese Cupping. Di Indonesia , terapi bekam yang ada ialah Arabian Cupping.
Persamaan dari kedua macam bekam ini adalah sama-sama menggunakan cawan kecil untuk menampung angin & darah kotor, memakai sayatan kecil atau jarum supaya darah kotor keluar. Selain itu, manfaat bekam untuk ke-2nya juga mendatangkan banyak manfaat.
Perbedaan kedua jenis bekam tersebut ada pada beberapa hal terkait perangkat hisap, cara mengulap darah kotor yang keluar dan beberapa aturan religius khususnya Arabian Cupping yang mengikuti aturan Islam contohnya terapi lelaki tidak boleh melakukan terapi bekam pada pasien perempuan.
Disamping berdasarkan asal, terapi bekam mempunyai beberapa jenis berdasarkan tekniknya, yaitu ada bekam basah, bekam kering bekam luncur.
Bekam Kering adalah terapi bekam yang tidak mengeluarkan darah kotor melainkan hanya angin. Bekam Basah ialah terapi bekam yang menerapkan sayatan kecil atau tusukan jarum kecil supaya darah kotor keluar. Bekam Luncur yakni terapi bekam yang dapat dilakukan saat bekam kering atau bekam basah. Bekam Luncur menggunakan teknik menggerak-gerakan cawan ke berbagai arah dengan bantuan minyak pijat seperti minyak zaitun.

Hasil Penelitian Bekam

Sebuah hasil penelitian yang melibatkan 19 ilmuwan mancanegara mengenai terapi bekam telah menghasilkan bukti yang mencengangkan. Dalam penelitian tersebut, pada kasus hipotensi dan hipertensi yang diterapi dengan bekam, tekanannya kembali kepada batas normal.
Dengan berbekam juga menunjukan efek turunnya jumlah asam urat darah, kolesterol, albumin dan lemak trigislerida. Beberapa tanda-tanda zat tubuh seperti zat besi, enzim, darah putih & ion-ion contohnya kalsium, natrium dan kalium seluruhnya kembali pada batas normal terhadap mayoritas pasien sebagai objek penelitian.
Sungguh luar biasa bukan? Jika anda yang tertarik mencari Belajar Bekam Sehari Bisa di Purwokerto atau telah melakukan jasa bekam dan ingin melakukan legalitas, ini adalah kesempatan untuk anda untuk Training dengan kami di LKP. Lebah Emas Purwokerto, lembaga pendidikan resmi yang bermitra langsung dengan Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) dengan No : 008/MITRA-LKP/MOU/X/2018.
Anda akan dibimbing langsung oleh trainer yang sudah ahli & profesional dengan kurikulum pembelajaran yang terarah.
Apa saja materi yang akan anda dapatkan :
  • Aqidah Dalam Pengobatan
  • Akhlak Juru Bekam
  • Alat Perlengkapan Bekam
  • Titik Bekam Sunnah SOP Terbaru
  • Larangan dalam Bekam
  • SOP Bekam PBI Terbaru
  • Analisa Bekam
  • Penanganan Limbah Bekam
  • Sterilisasi Perlengkapan Bekam
  • Kegawat Daruratan Bekam
  • Cuci Tangan yang Benar
  • Administrasi Perizinan
  • Praktek Bekam Metode Syartoh dan Jarum

Belajar Bekam Sehari Bisa di Purwokerto

[judul]
Inilah 5 alasan mengapa harus Training Bekam di LKP. Lebah Emas :
  • Bersertifikat dan berhologram resmi
  • Lembaga pendidikan resmi mitra Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI)
  • Bimbingan trainer yang ahli dan berpengalaman
  • Kurikulum pembelajaran yang jelas dan terstandarisasi
  • Praktek langsung di Klinik Griya Sehat Holistik Lebah Emas
Tunggu apalagi, Ayo datang langsung ke kantor LKP. Lebah Emas Purwokerto / Griya Sehat Holistik Lebah Emas yang beralamat di Jl. Moh. Yamin No.24 Karang Klesem - Kecamatan Purwokerto Selatan.
Informasi dan Pendaftaran Belajar Bekam Sehari Bisa di Purwokerto :

WA/Telp. : 0813-2791-8397 (Nursin) / 0821-3728-3659 (Joko)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel