Belajar Bekam Sehari Bisa di Banjarnegara

Belajar Bekam Sehari Bisa di Banjarnegara - Jika anda hendak mecari Pelatihan Bekam maka lebih baik jika anda mengetahui lebih dulu latar belakang berkaitan dengan bekam itu sendiri. Sekilas penjelasan berkaitan dengan bekam dari pengertian, hadits, istilah, jenis-jenis dan Penelitian Medis Tentang Bekam.
Ada banyak anjuran dari Rasulullah Muhammad SAW ketika melakukan pengobatan. Salah satunya adalah terapi bekam. Dalam khasanah bahasa Arab, bekam dikenal dengan sebutan Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor. Sementara pada bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan sebutan kop.
Bekam ialah pengobatan sunnah Rasulullah Saw dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung racun atau oksidan dari dalam tubuh manusia. Dalam istilah dunia kedoteran disebut dengan ‘Oxidant Release Therapy’ atau ‘Oxidant Drainage Therapy’ atau istilah yang populer adalah ‘detoksifikasi’.
Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini meliputi dua teknik pokok dari bekam, yakni proses pemvakuman kulit kemudian dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya. Lebih mudahnya, bekam merupakan metode pengobatan yang dilakukan dengan cara mengambil keluar darah kotor.
Untuk mengeluarkan oksidan dari dalam tubuh perlu ketrampilan khusus. Caranya dengan penyedotan memakai alat khusus yang sebelumnya diawali dengan sayatan khusus secara hati-hati di titik-titik tertentu secara tepat pada tubuh. Apabila oksidan bisa dikeluarkan semua maka penyumbatan aliran darah ke organ-organ tertentu di dalam tubuh dapat diatasi, sehingga fungsi fisiologis tubuh kembali normal.

Hadits Keutamaan Bekam

Dari Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas”. (HR. Al-Bukhari)
Dari Ibnu Abbas, beliau berkata, “Nabi SAW berbekam dan memberikan upah kepada tukang bekam. Seandainya Nabi mengetahui bahwa hal tersebut terlarang, tentu Nabi tidak akan member upah kepadanya.” (HR Bukhari)
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah bekam (hijamah).”(HR. Ibnu Majah, Abu Dawud)

Istilah Bekam atau Hijamah

Bekam telah dikenal sejak zaman dahulu, yakni kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang hingga Babilonia, Mesir kuno, Saba & Persia. Pada zaman Nabi Muhammad, bekam menggunakan tanduk kerbau atau sapi, gading gajah, tulang unta.
Di Cina, istilah bekam juga sudah terkenal yakni dengan istilah Gua-sha. Sementara di negara lain, bekam memiliki nama yang berbeda, yakni Kuyugaku, Bentusa, Badkesh, Bahnkes, Gak Hoi, Buhang dan lainnya.

Jenis Terapi Bekam

Terapi bekam mempunyai beberapa macam. Di dunia Internasional, terapi bekam yang dikenal adalah yang berasal dari Cina yang sering disebut Chinese Cupping. Di Indonesia , pengobatan bekam yang banyak menjamur yakni Arabian Cupping.
Persamaan dari ke-2 macam bekam ini ialah sama-sama menggunakan sebuah cawan kecil yang berfungsi untuk menampung angin dan darah kotor, memakai sayatan kecil atau jarum agar darah kotor keluar. Disamping itu, manfaat bekam untuk ke-2nya juga mendatangkan banyak manfaat.
Perbedaan ke-2 jenis bekam tersebut terletak pada beberapa hal terkait media hisap, cara mengulap darah kotor yang keluar dan beberapa aturan religius khususnya Arabian Cupping yang mengikuti aturan Islam seperti terapi lelaki tidak diperbolehkan melakukan terapi bekam pada pasien perempuan.
Disamping berdasarkan asal, terapi bekam memiliki beberapa jenis berdasarkan tekniknya, yaitu ada bekam basah, bekam kering bekam luncur.
Bekam Kering merupakan terapi bekam yang tidak mengeluarkan darah kotor melainkan hanya angin. Bekam Basah yaitu terapi bekam yang menerapkan sayatan kecil atau tusukan jarum kecil agar darah kotor keluar. Bekam Luncur merupakan terapi bekam yang bisa dilakukan pada saat bekam kering atau bekam basah. Bekam Luncur memiliki teknik menggerak-gerakan cawan ke berbagai arah dengan bantuan minyak pijat seperti minyak zaitun.

Penelitian Darah Bekam Menurut Medis

Sebuah hasil penelitian yang melibatkan 19 ilmuwan mancanegara mengenai terapi bekam telah menghasilkan bukti yang mencengangkan. Dalam penelitian tersebut, pada kasus hipotensi & hipertensi yang diterapi dengan bekam, tekanannya kembali kepada batas normal.
Dengan melakukan bekam juga menunjukan efek menurunnya jumlah asam urat darah, kolesterol, albumin dan lemak trigislerida. Diantara ciri-ciri zat dalam tubuh seperti zat besi, enzim, darah putih dan ion-ion seperti kalsium, natrium & kalium seluruhnya kembali pada kadar normal terhadap mayoritas pasien sebagai objek penelitian.
Sungguh luar biasa bukan? Bagi anda yang tertarik mencari Belajar Bekam Sehari Bisa di Banjarnegara atau telah melakukan jasa bekam & ingin melakukan legalitas, ini merupakan kesempatan untuk anda untuk Kursus dengan kami di LKP. Lebah Emas Purwokerto, Lembaga Ketrampilan dan Pendidikan resmi yang bekerjasama langsung dengan Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) dengan Nomor : 008/MITRA-LKP/MOU/X/2018.
Anda akan didampingi langsung oleh trainer yang sudah ahli & berpengalaman dengan kurikulum standarisasi yang jelas.
Apa saja materi yang akan anda dapatkan :
  • Aqidah Dalam Pengobatan
  • Akhlak Juru Bekam
  • Alat Perlengkapan Bekam
  • Titik Bekam Sunnah SOP Terbaru
  • Larangan dalam Bekam
  • SOP Bekam PBI Terbaru
  • Analisa Bekam
  • Penanganan Limbah Bekam
  • Sterilisasi Perlengkapan Bekam
  • Kegawat Daruratan Bekam
  • Cuci Tangan yang Benar
  • Administrasi Perizinan
  • Praktek Bekam Metode Syartoh dan Jarum

Belajar Bekam Sehari Bisa di Banjarnegara

[judul]
Berikut ini 5 alasan mengapa harus Pelatihan Bekam di LKP. Lebah Emas :
  • Bersertifikat dan berhologram resmi
  • Lembaga pendidikan resmi mitra Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI)
  • Bimbingan trainer yang ahli dan berpengalaman
  • Kurikulum pembelajaran yang jelas dan terstandarisasi
  • Praktek langsung di Klinik Griya Sehat Holistik Lebah Emas
Tunggu apalagi, Ayo datang langsung ke kantor LKP. Lebah Emas Purwokerto / Griya Sehat Holistik Lebah Emas yang beralamat di Jl. Moh. Yamin No.24 Karang Klesem - Kecamatan Purwokerto Selatan.
Informasi dan Pendaftaran Belajar Bekam Sehari Bisa di Banjarnegara :

WA/Telp. : 0813-2791-8397 (Nursin) / 0821-3728-3659 (Joko)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel